Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Lampor di Jawa yang Viral di TikTok?

Apa itu Lampor di Jawa -- Gara gara ramainya perbincangan di TikTok tentang keranda terbang di Malang, Jawa Timur maka tidak heran sampai detik ini ada banyak pengguna TikTok yang penasaran akan hal tersebut. Terlebih lagi masalah ini dikaitkan dengan hal mitos jaman dahulu mengenai sesosok makhluk astral yang bisa membawa keranda terbang. Baca Juga: Apa itu CR di TikTok?

Apa itu Lampor di Jawa

Ya benar sekali. Makhluk ini di tanah Jawa disebut dengan Lampor. Lampor ini konon katanya sering menampakkan dirinya di waktu malam hari hingga dini hari. Dengan hal tersebut, maka dulu di daerah pedesaan khususnya di sekitar Jawa Tengah sangat melarang putra putrinya untuk keluar rumah. Hal ini ditakutkan karena bisa jadi mereka akan ketemu dengan makhluk menakutkan Lampor ini.

Lantas sebenarnya Lampor di Jawa itu apa? Apakah hanya sesosok makhluk ghaib? Makanya yuk bersama kami untuk mencoba membedah masalah ini. Semoga saja dapat dipergunakan dengan baik. Kami harap informasi ini berguna.

Apa itu Lampor di Jawa? Yuk Cari Tahu

Langsung saja tanpa perlu panjang lebar lagi. Lampor menurut KBBI adalah makhluk halus dalam mitologi Jawa yang mempunyai wajah sangat berantakan. Menurut kabar yang beredar, meski menyeramkan Lampor ini justru jarang dikenal warga pedesaan. Pamornya masih kalah dengan setan pocong, kuntilanak dan lain-lain.

Lampor sendiri lebih dikenal di kalangan warga dusun dengan sebutan hantu keranda terbang. Lampor konon katanya adalah bukti kearifan lokal dan kisah nyata yang berasal dari daerah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Anda harus tahu bahwa Lampor ini tinggal diantara gunung Sumbing dan Sindoro, Kabupaten Temanggung. Yang mana di tempat ini merupakan wahana wisata yang sangat indah menurut para pendaki yang pernah kesana.

Mitos Lampor di Jawa

Berhubung memang Lampor ini dikatakan sebagai setan pembawa keranda terbang. Maka banyak penduduk Indonesia khususnya di Jawa Tengah melarang anak-anaknya untuk keluar rumah di malam hari. Banyak diantara mereka jika putra putrinya keluar dan ketemu lampor maka jelas mereka tidak akan bisa kembali lagi.

Lampor digambarkan sebagai setan pencabut nyawa yang terbang membawa keranda kesana kemari. Tentu banyak orang yang akhirnya sangat takut dengan makhluk yang satu ini.

Akhir Kata

Sekian dahulu ulasan Area Tekno tentang apa itu Lampor di Jawa. Semoga saja apa yang kami bahas ini dapat dipergunakan dengan baik. Jangan lupa untuk terus mendukung kami dalam berkarya dan menghargai orang lain. Baca Juga: Cara Membuat Grup di TikTok.