Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Jitsi Meet dengan Mudah

Cara Menggunakan Jitsi Meet -- Jika Anda belum tahu alternatif lain selain Zoom dan Google Meet untuk meeting online maka kami akan beri tahu anda. Tidak hanya Ms. Teams dan Webex ternyata masih ada satu aplikasi meeting online yang sedang dicari cari oleh banyak orang yaitu Jitsi Meet. Hari ini kita akan memandu Anda dalam mempelajari cara menggunakan Jitsi Meet dengan mudah. Jadi pantau artikel kami sampai beres.

Cara Menggunakan Jitsi Meet

Jitsi Meet adalah aplikasi video conference layaknya Zoom dan Google Meet. Yang membuat banyak orang ingin menggunakan Jitsi Meet adalah pengguna tidak harus membuat akun Jitsi Meet. Sehingga, tidak akan ada banyak pengguna yang takut bocor detail informasi dirinya. Oleh sebab itu, Jitsi Meet kami rekomendasikan kepada Anda yang memang saat ini ketakutan gara-gara adanya isu Zoom berbahaya dan tidak aman.

Baca Juga: Cara Menggunakan Zoom Meeting.

Cara Menggunakan Jitsi Meet

Secara umum, cara menggunakan Jitsi Meet itu cukup dengan buat ruang meeting online dan bagikan URL meeting Anda kepada semua orang yang akan menjadi peserta meeting online. Namun untuk masuk ke dalam ruang meeting online, maka setiap user Jitsi Meet harus memasukkan password. Jadi memang terlihat lebih aman ketika masuk ke meeting online.

Jitsi Meet mengusung fitur yang cukup lengkap. Selain Video Conference, Jitsi Meet juga dilengkapi dengan fitur Chat, share screen laptop dan atau share link video Youtube serta masih banyak lainnya. Jika Anda penasaran cara menggunakan Jitsi Meet ini maka silahkan Anda ikuti penjelasan kami di bawah ini.

Cara Download dan Pasang Jitsi Meet

Anda bisa download dan pasang aplikasi Jitsi Meet baik dari Play Store, App Store atau download untuk PC Anda dari situs resminya. Ketika sudah di download maka Anda bisa mulai menggunakan Jitsi Meet di perangkat Anda masing-masing.

Bahkan yang menarik dari Jitsi Meet adalah Anda bisa memasang ekstensi Jitsi Meetings di Chrome. Dengan begitu proses untuk menggunakan Jitsi Meet akan semakin mudah.

Cara Membuat Meeting Room di Jitsi Meet

Kami akan contohkan kepada Anda cara membuat meeting room di Jitsi Meet. Untuk kali ini kami akan mengacu pada Jitsi Meet yang ada di portal web resmi Jitsi Meet yang ada di Jitsimeet.org. Jadi silahkan buka dulu web resminya. Kemudian klik Start A Call. Anda akan diarahkan ke laman baru dan segeralah menulis nama judul kegiatan Anda pada Start a New Meeting dan ketuk Go setelahnya.

Dari sini, Jitsi Meet akan meminta akses pada microphone dan kamera pada perangkat Anda. Ketuk Allow agar perangkat Anda siap menggunakan Jitsi Meet untuk meeting online. Dengan begini maka Anda sudah berada di dashboard meeting room Anda.

Cara Share Link Meeting dari Jitsi Meet Untuk Mengundang Peserta Lainnya

Jika Anda sudah berada di layar meeting room Anda maka Anda butuh peserta agar bisa mengikuti meeting online Anda di Jitsi Meet. Cara mengundang teman di Jitsi Meet adalah silahkan Anda ketuk ikon i di pojok kanan kemudian salin Link Meeting Anda. Klik ikon kertas dua di sebelah link Anda. Kemudian share ke orang lain agar menjadi peserta meeting Anda.

Baca Juga: Cara Video Call di Google Classroom.

Di sini menariknya adalah, Anda bisa menambahkan password untuk join ke meeting Anda. Jadi ketika peserta meeting klik link meeting yang Anda bagikan harus memasukkan password untuk masuk ke meeting Anda. Untuk menambahkan password ke room meeting adalah dengan klik ikon i tadi kemudian ketuk Add Password.

Cara Share Screen di Jitsi Meet

Ketika sudah berada di layar meeting pada Jitsi Meet Anda, klik Share Screen di bilah paling kiri. Ada tiga pilihan yang muncul di sana yaitu Your Entire Screen / Seluruh layar, Application Window / Khusus aplikasi tertentu yang terbuka di layar laptop anda, dan Chrome Tab / layar web yang terbuka di layar Chrome Anda.

Silahkan pilih screen yang dibagikan yang mana itu pilihan Anda. Jangan lupa beri centang juga pada Share Audio di bawah agar audio perangkat ikut dibagikan. Terakhir tinggal klik Share.

Cara Chat Peserta Meeting di Jitsi Meet

Klik ikon Open / Close Chat di sebelah ikon Share Screen tadi namun yang paling kanan. Kemudian masukkan username peserta meetingnya. Dari sini Anda bisa mulai chat dengannya di Jitsi Meet.

Cara Live Stream di Jitsi Meet

Jadi pada waktu Anda meeting online di Jitsi Meet, Anda bisa juga bisa langsung melakukan live streaming di Jitsi Meet dengan menghubungkan key encoder akun Youtube Anda yang sudah disetujui untuk live streaming. Cara live streaming di Jitsi Meet ini tinggal klik tanda titik tiga di kanan bawah sendiri kemudian pilih Start Live Stream > masukkan kunci live streaming Youtube Anda. Biar mudah, jika akun YT Anda sudah disetujui untuk live streaming Anda bisa langsung sign in via akun google di layar tersebut. Kemudian klik Start Live Stream.

Cara Merekam Jitsi Meet

Untuk record meeting online Anda di Jitsi Meet maka Anda bisa mulai dengan klik tanda titik tiga di kanan sendiri bawah, kemudian pilih Start Recording. Lalu, sign in ke Drop Box Anda. Jika sudah mulai klik Start Recording.

Cara Share Video Youtube di Jitsi Meet

Masih sama seperti cara di atas namun yang dipilih giliran Share a Youtube Video, kemudian masukkan link Video YTnya. Klik Share terakhir agar video tersebut dibagikan di Jitsi Meet Anda.

Cara Mengakhiri Meeting Online di Jitsi Meet

Anda tinggal klik ikon telepon merah di bagian tengah untuk mengakhiri meeting online Anda di Jitsi Meet Anda. Jika mau mematikan kamera tinggal klik ikon kamera di sebelah kanannya. Jika akan mematikan suara audio tinggal klik ikon mic di kirinya.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Edmodo Lengkap.

Akhir Kata

Kami rasa cukup paparan mengenai cara menggunakan jitsi meet. Semoga Anda bisa melakukannya. Ingat ya, cara di atas merukan cara menggunakan jitsi meet langsung dari jitsimeet.org. Jadi langsung dari portal webnya. Untuk yang di aplikasi Android justru lebih mudah lagi.