Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Host Zoom Meeting Mudah Sekali

Cara Menjadi Host Zoom Meeting -- Bagi pengguna aplikasi Zoom Cloud Meeting yang masih baru tentu saja akan sangat bingung untuk menggunakan Zoom ini baik di PC atau di Android. Salah satu permasalahan yang kami temui saat ini adalah bagaimana cara menjadi host zoom meeting. Host Zoom meeting adalah orang pertama yang mengadakan video conference yang nantinya bertugas untuk mengundang peserta lain agar bisa ikut meeting online. Baca juga: Zoom Tidak Ada Suara, Ini Cara Mengatasinya.

Cara Menjadi Host Zoom Meeting

Nah pada kesempatan kali ini kami akan memandu anda terkait dengan cara menjadi host zoom meeting. Pada dasarnya sih gampang sekali untuk menjadi host zoom meeting. Namun yang namanya masih pertama kali menggunakan Zoom tentu bingung mau bagaimana.

Cara Menjadi Host Zoom Meeting

Agar Anda bisa menjadi host zoom meeting maka Anda harus mempersiapkan banyak hal misalnya kapan meeting akan dilakukan. Terus berapa lama meeting online ini akan berlangsung karena Zoom hanya membatasi 40 menit saja. Namun kalau Anda mau menambah limit 40 menit ini silahkan ikuti artikel kami selanjutnya. Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Mengirim Tugas di Google Classroom?

Jika Anda sudah dengan kesiapan Anda dalam menjadi host zoom meeting maka Anda bisa ikuti langkah demi langkahnya di bawah ini mengenai cara menjadi host zoom meeting.

Cara Menjadi Host di Aplikasi Zoom

Silahkan ikuti langkah demi langkah cara menjadi host di zoom cloud meeting sebagai berikut ini.
  1. Buka aplikasi Zoom Anda.
  2. Saat layar aplikasi terbuka, klik New Meeting > Start a Meeting.
  3. Dengan begitu, maka Anda sudah menjadi host zoom meeting.
  4. Sekarang Anda harus mengundang peserta meeting Anda dengan cara klik Participants > Invite.
  5. Ada 4 pilihan cara mengundang peserta ke zoom meeting yaitu via pesan, gmail, invite zoom contacts, dan Copy URL. Kami sarankan yang Copy URL saja.
  6. Silahkan Anda share ke grup WA atau dimana saja tempat anak didik atau lainnya berkumpul agar bisa langsung join meeting ke video conference Anda.
Begitulah cara menjadi host zoom cloud meeting. Sangat mudah dan cepat. Bahkan sebenarnya dalam menjadi host Zoom meeting, Anda bisa schedule meeting Anda di hari dan tanggal kapan begitu.

Namun jika anda mau meninggalkan meeting karena sesuatu hal dan ingin menjadikan orang lain host dalam video conference Anda maka silahkan ikuti cara dari kami berikut. Secara umum baik di Android, iOS, Web, Windows, Linux dan Mac, cara menjadikan peserta menjadi host Zoom sama saja. Hanya istilahnya saja beda.

Cara Membuat Peserta Menjadi Host Zoom Meeting

Berikut apabila anda sudah lelah dan ingin meninggalkan meeting di Zoom namun ingin menjadikan salah satu peserta meeting menjadi host zoom.
  1. Buka Aplikasi Zoom.
  2. Klik Participants.
  3. Daftar peserta meeting akan keluar.
  4. Klik salah satu nama peserta meeting yang hendak Anda mau jadikan sebagai host zoom meeting.
  5. Tap Make Host.
  6. Klik Yes untuk konfirmasi bahwa peserta tersebut telah menjadi host.
Nah begitulah solusi bagi bapak ibu dosen pengajar misalnya Anda harus meninggalkan meeting di Zoom maka Anda bisa memilih salah satu peserta menggantikan peran anda selaku host.

Akhir Kata

Hanya dengan klik New Meeting maka cara menjadi host zoom meeting sudah berhasil. Selanjutnya, Anda tinggal mengundang peserta video conference Anda. Namun bila Anda ternyata lebih suka menjadikan peserta lain menjadi host silahkan coba langkah kedua di atas. Baca juga: Cara Mengubah Nama di Edmodo.