Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SIKADU UNNES Sudah Rilis 2.0 Makin Mantap

SIKADU UNNES -- Informasi Akademik Terpadu Universitas Negeri Semarang (Unnes) dikenal dengan nama SIKADU. SIKADU adalah sistem informasi yang berbasis web dibangun untuk mengorganisasikan data akademik di Universitas Negeri Semarang secara online. Terkait dengan pengorganisasian data yang dimaksud ialah pengelolaan sistem registrasi, sistem penjadwalan perkuliahan, pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS), monitoring perkuliahan, pengorganisasian nilai mahasiswa, sampai dengan penanganan pendaftaran wisuda.

SIKADU UNNES

SIKADU UNNES dapat diakses secara online melalui jaringan internet dengan alamat: https://apps.unnes.ac.id/login. Ini untuk SIKADU UNNES APPLICATION Gateway (Beta) 2.0. Di laman tersebut Anda akan menemukan informasi login yang mengharuskan Dosen / Karyawan UNNES untuk login dengan menggunakan Sign in / Masuk Google. Walaupun sebenarnya di layar tersebut muncul cara login dengan username dan password Anda. Baca Juga: Cara Mendapatkan Kuota Gratis 80 GB Telkomsel.

Fasilitas SIKADU UNNES

Adapun sejumlah fasilitas yang tersedia di SIKADU UNNES adalah: informasi registrasi, informasi biodata mahasiswa, jadwal kuliah, informasi kemajuan hasil belajar mahasiswa, rekapitulasi dan histori nilai akademik, tugas mengajar dosen, serta statistik data lain. Disamping itu, SIKADU UNNES juga menyediakan fasilitas cetak untuk keperluan administrasi akademik yang bisa digunakan oleh seluruh operator baik di tingkat universitas sampai dengan program studi. Dalam SIKADU UNNES, terdapat beberapa informasi yang disediakan untuk member pejabat yang dapat digunakan sebagai kontrol terhadap berbagai jenis proses akademik pada semester yang berjalan, serta sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijakan strategis yang diperlukan di UNNES.

Dengan adanya SIKADU, sangat diharapkan proses administrasi akademik dapat berjalan efektif jika dibandingkan dengan sistem akademik lama yang berjalan secara sendirian dan melalui jaringan komputer terbatas di tingkat universitas yang telah dipakai sejak tahun 80-an. Sehingga, dengan menggunakan SIKADU diharapkan akses informasi bagi pihak pengguna, baik mahasiswa, dosen, pejabat, ataupun lainnya yang berkepentingan, dapat terlayani dengan cepat, tepat, dan akurat.

Cara Akses SIKADU UNNES

Ya kami kebetulan hanya tahu sekilas saja bagaimana cara akses SIKADU UNNES 2.0
  1. Buka browser laptop/hp.
  2. Selanjutnya, buka situs https://apps.unnes.ac.id/login.
  3. Silahkan login sesuai yang tertera di layar.
Begitu saja yang kami tahu mengenai SIKADU UNNES. Semoga bermanfaat siapa tahu info sekilas ini bisa dibaca oleh banyak orang.

Akhir Kata

Luar biasa memang. SIKADU UNNES memang sebuah solusi yang bisa digunakan oleh sebuah universitas dimana saja agar pembelajaran daring yang dilakukan tetap berjalan. Baca Juga: Cara Mendapatkan Kuota Gratis 80 GB Indosat.