Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Kelas Pada Google Classroom Mudah

Cara Menghapus Kelas Google Classroom -- Selama masa pandemi, Google Classroom merupakan LMS yang pas untuk mengajar secara online. Hanya saja meski demikian Anda selaku sebagai seorang guru harus sering-sering menghapus kelas di Google Classroom agar terlihat rapi. Tujuannya sih simple saja agar guru tidak kebingungan jika dikemudian hari harus membuat kelas baru. Sehingga untuk pengoperasiannya juga akan sangat mudah. Baca Juga: Cara Mengirim Video Lewat Google Classroom.

Cara Menghapus Kelas Pada Google Classroom

Oleh sebab itu, jika Anda seorang guru yang saat ini sedang mencari cara hapus kelas pada Google Classroom maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Semoga saja ini bisa membantu Anda para bapak dan ibu guru yang ingin merapikan kelas online miliknya di Google Classroom.

Berikut penjelasan mengenai cara menghapus kelas Google Classroom. Silahkan langsung dicoba karena ini akan sangat mudah sekali. Jadi pastikan bahwa Anda tidak melewatkan satupun langkah agar bisa menghapus kelas di Google Classroom.

Cara Menghapus Kelas Pada Google Classroom Ternyata Gampang

Anda hanya baru bisa menghapus kelas di Google Classroom jika Anda sudah mengarsipkan kelas Anda terlebih dahulu. Kenapa demikian?  Ya alasannya opsi hapus kelas hanya bisa ketemu dicari jika kelas sudah diarsipkan. Jika tidak maka Anda tidak akan bisa menghapus kelas Anda.

Nah disini nanti kami akan jelaskan kepada Anda cara mengarsipkan kelas Google Classroom kemudian baru kami akan jelaskan kepada Anda cara hapusnya. Baca Juga: Cara Video Call di Google Classroom.

Adapun masing - masing penjelasannya bisa Anda ikuti sesuai dengan penjelasan di bawah ini. Semoga saja Anda bisa mengikutinya dengan baik.

Cara Mengarsipkan Kelas Google Classroom

Untuk mengarsipkan kelas Google Classroom caranya seperti ini. Apabila Anda sudah berada di halaman homepage Google Classroom, silahkan Anda pergi ke bilah kiri atas dan klik ikon tiga baris segitiga. Kemudian, Anda klik menu 'Classes' atau 'Kelas'. Maka dengan begitu tampilan akan berubah menuju ke halaman daftar kelas yang sudah Anda buat. Sekarang Anda pilih kelas yang mau diarsipkan, silahkan pergi ke bilah kanan paling atas dari kelas dan ketuk ikon tiga baris segitiga. Dari sana ada tiga pilihan menu yaitu copy, edit, dan archive. Klik 'archive' atau 'arsip', tetap pilih arsip ketika pop up muncul maka kelas Anda berhasil diarsipkan. Sekarang waktunya untuk menghapus kelas.

Cara Menghapus Kelas Google Classroom

Setelah melewati langkah-langkah di atas maka saatnya kelas Anda dihapus. Cara hapus kelas di Google Classroom sebagai berikut. Silahkan Anda masuk ke bilah kiri atas dan ketuk ikon tiga baris segitiga. Kemudian Anda klik menu 'Archived Classes' atau 'Arsip Kelas'. Lalu pergi ke bilah kanan paling atas dari kelas dan ketuk ikon tiga baris segitiga. Anda akan melihat tiga pilihan menu yaitu copy, restore dan delete. Klik 'delete' atau 'hapus', tetap pilih hapus ketika pop up muncul maka kelas Anda akan dihapus.

Akhir Kata

Sekian dulu penjelasan kami mengenai cara menghapus kelas pada Google Classroom. Semoga saja apa yang kita bahas berikut bermanfaat. Baca Juga: Cara Melihat Nilai Tugas di Google Classroom.