Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Apa Tujuan Reklame Non Komersial! Ini Jawabannya YGY

Apa Tujuan Reklame Non Komersial -- Reklame tidak hanya sekedar dibuat begitu saja. Reklame tentunya dibuat dengan tujuan tertentu. Sebagai contoh saja, reklame ditujukan untuk komersial dan non komersial. Nah pada pembahasan kali ini, kita akan kupas semua terkait dengan dua hal tersebut. Baca Juga: Arti No Counter dalam Bahasa Gaul.

Apa Tujuan Reklame Non Komersial

Reklame adalah sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara singkat kepada khalayak secara terus menerus, baik via gambar, teks, ataupun dengan audio. Di dalam reklame mengandung gambar yang sangat mencolok terkait dengan produk yang dipromosikan atau pesan lain yang hendak disampaikan.

Dengan cara tersebut tentunya ini bertujuan agar bisa menimbulkan reaksi dari banyak orang. Sehingga reklame tersebut dapat mengajak mereka agar mau melakukan banyak hal. Makanya Anda harus tahu betul apa tujuan reklame tersebut.

Apa Tujuan Reklame Berdasarkan Pengadaannya?

Secara umum, tujuan reklame yaitu memberikan informasi dan mengajak banyak orang agar mau melakukan apa yang sudah diinformasikan pada isi reklame tersebut. Namun berdasarkan pengadaannya, reklame mempunyai 2 tujuan umum yaitu reklame komersial dan non komersial.

Reklame komersial adalah reklame yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi pada banyak orang terkait dengan profil perusahaan, produk barang / jasa, dan berbagai macam bisnis lainnya agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Sedangkan,

Reklame non komersial adalah reklame yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mau melakukan berbagai macam kegiatan sesuai peraturan pemerintah. Hal ini karena reklame non komersial biasanya ditemukan pada tempat kedinasan, misal di kecamatan, desa, sekolahan, dan atau di sekitar lampu merah.

Berdasarkan ulasan di atas maka tujuan reklame berdasarkan pengadaannya cuma ada 2 yaitu reklame komersial dan non komersial. Silahkan Anda pilih yang mana sesuai dengan kebutuhan Anda di lapangan tentunya.

Jenis - Jenis Reklame Berdasarkan Pengadaannya

Sesuai ulasan di atas hanya ada 2 yaitu:

Reklame komersial adalah salah satu jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan. Sehingga keuntungan semakin meningkat.

Reklame non komersial adalah salah satu jenis reklame yang difungsikan untuk keperluan non-komersial. Contohnya adalah mengajak, menghimbau, atau menyampaikan informasi tertentu agar khalayak tersebut mau mengikuti pesan yang disampaikan di dalam reklame. Misalnya, himbauan agar jangan telat bayar pajak, donor darah, tertib lalu lintas, dan masih banyak lagi lainnya.

Akhir Kata

Sekian dahulu ulasan kami mengenai hal ini. Semoga saja apa yang kami jelaskan seputar apa tujuan reklame non komersial ini dapat dipergunakan dengan baik. Baca Juga: Cara Download Sertifikat Pelatihan PKP.