15 Fitur Terbaik Android 11 Yang Harus Anda Tahu

Fitur Terbaik Android 11 -- Google biasanya merilis versi pratinjau Android pada semester pertama setiap tahun untuk memberi pandangan awal pada hal-hal yang telah berfungsi. Tahun ini, raksasa pencarian internet secara tak terduga merilis preview Android 11 yang sangat awal minggu lalu. Ini adalah awal bahwa Google pernah merilis pratinjau pengembang. Anda memiliki kesempatan untuk menjelajahi Android 11 dan beberapa fitur menariknya. Baca juga: Cara Hapus Akun Michat Permanen.

fitur terbaik android 11

Tidak seperti tahun lalu, Android 11 tidak menawarkan banyak fitur yang dihadapi pengguna dan perubahan UI. Namun, masih ada beberapa fitur seperti gelembung perpesanan, pusat notifikasi baru, opsi untuk menyematkan aplikasi di bagian atas lembar berbagi, dan banyak lagi. Mari kita lihat beberapa fitur penting yang kami temukan di Android 11.

Fitur Terbaik Android 11

Mari kita coba telusuri fitur terbaik dari android 11. Jadi Anda bisa menemukannya di sini. Kami harap pratinjau Android 11 memberikan gambaran kepada Anda lebih jelasnya.

1. Mode Pesawat Tidak Memutuskan Bluetooth

Fitur ini sedang diminta oleh pengguna untuk waktu yang lama. Sama seperti iOS, Android 11 tidak akan memutuskan koneksi Bluetooth ketika mode AirPlane diaktifkan. Misalnya, jika penerbangan Anda lepas landas, dan Anda mendengarkan musik melalui earphone Bluetooth, mengaktifkan mode AirPlane di ponsel cerdas atau tablet Anda yang menggunakan Android 11 tidak akan melepaskan earphone nirkabel Anda. Ini berarti Anda tidak perlu mengaktifkan kembali Bluetooth secara manual dan menghubungkan earphone Anda sekali lagi.

2. Kontrol Audio Di Area Pengaturan Cepat

Beberapa pengembang juga berhasil menemukan opsi tersembunyi di Android 11 dan meletakkan widget kontrol musik di dalam area toggles pengaturan cepat. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengakses kontrol pemutaran musik tidak peduli berapa banyak notifikasi yang Anda dapatkan. Ketika fitur ini diaktifkan, widget kecil ditempatkan di sebelah matikan pengaturan cepat. Namun, sepertinya itu mungkin atau mungkin tidak membuatnya ke versi final Android 11.

3. Toggle Mode Gelap Otomatis

Sementara Dark Mode memulai debutnya dengan Android 10, itu tidak memiliki pengaktifan dan penonaktifan tema secara otomatis. Anda harus mengaktifkan dan menonaktifkannya secara manual setiap kali dari pengaturan tampilan atau dari sakelar pengaturan cepat. Dengan Android 11, Anda dapat mengaturnya untuk menjadwalkan Mode Gelap dari matahari terbenam ke matahari terbit atau sesuai dengan waktu pilihan Anda.

4. Pengelompokan Percakapan

Dalam naungan notifikasi, pesan memiliki ruang khusus. Pemberitahuan dari semua aplikasi perpesanan dan email dikelompokkan bersama dalam sub-bagian khusus ini. Baca juga: Cara Menggunakan OME TV.

5. Dukungan Layar Lengkung

Samsung adalah merek pertama yang membawa smartphone dengan layar melengkung, dan sekarang setiap merek melakukannya. Meskipun layar seperti itu terlihat keren, mereka juga menciptakan masalah dengan sentuhan yang tidak disengaja. Dengan Android 11, Google ingin memudahkan konsumen untuk menggunakan layar melengkung tanpa menggunakan sentuhan yang tidak disengaja. Fitur DisplayCutout dapat digunakan oleh merek dan pengembang untuk membatasi tepi layar yang ekstrim agar tidak merespons sentuhan. Ini juga memastikan bahwa tidak ada tombol atau konten teks ke tepi layar.

6. Cara Yang Lebih Mudah Untuk Memeriksa Dukungan Codec Audio Bluetooth

Meskipun Android memiliki fitur untuk mengubah Bluetooth codec (SBC, AAC, aptX, aptX HD, dan LDAC) dari menu Developer Options untuk beberapa waktu, Google membuatnya lebih mudah untuk diakses. Dengan Android 11, akan lebih mudah untuk memeriksa codec Bluetooth mana yang didukung oleh earphone Anda. Codec yang tidak didukung akan tampak berwarna abu-abu. Fitur ini masih disembunyikan dengan menu Opsi Pengembang.

7. Dukungan ID Elektronik

Karena orang sudah menyimpan bukti identifikasi mereka seperti SIM, paspor, dan lainnya. Dengan Android 11, Google berusaha membawa dokumen identifikasi yang aman, lengkap dengan rekomendasi resmi ISO. Ini akan memiliki dukungan platform-lebar untuk menyimpan ID dalam bentuk elektronik di bagian kantong aman telepon. Google juga bekerja pada API dan perpustakaan yang dapat membantu merek ponsel cerdas dalam membuat fitur yang kompatibel dengan implementasi kantong aman mereka sendiri. Dengan Android 11, Anda bisa menunjukkan ID yang dikeluarkan pemerintah melalui ponsel, tanpa harus membawa salinan fisik.

8. Screenshot Panjang

Tangkapan layar yang lebih lama dapat ditangkap pada perangkat yang menjalankan Android 11. Setelah tangkapan layar diambil, ada opsi untuk memperpanjangnya, yang memberi Anda kemampuan untuk menangkap semua informasi di layar yang Anda inginkan. Meskipun fitur ini tidak sepenuhnya aktif di pratinjau pengembang pertama, Android 11 akan mendapatkan fitur sebelum rilis stabil.

9. Pesan Gelembung

Meskipun fitur ini pertama kali memulai debutnya dengan build pengembang Android 10, ia disembunyikan dan tidak pernah dibuat untuk publik. Dengan Android 11, ini adalah salah satu fitur yang paling menonjol. Gelembung Pesan mirip dengan kepala obrolan Facebook Messenger. Aplikasi olahpesan seperti aplikasi Pesan biasa, WhatsApp, Hangouts, Signal, dan Telegram dapat menggunakan elemen berbentuk gelembung yang mengambang di atas aplikasi lain, membuatnya lebih mudah untuk melihat pesan dan membalasnya.

10. Opsi Untuk Menampilkan Layar Refresh Rate

Karena berbagai smartphone telah diluncurkan selama beberapa tahun terakhir yang mendukung kecepatan refresh lebih dari 60 Hz, Google membawa opsi untuk melihat kecepatan refresh layar ponsel. Akan ada opsi yang disembunyikan di dalam bagian Opsi Pengembang untuk menampilkan kecepatan refresh layar. Ini akan sangat membantu para penggemar dan pengembang.

11. Sematkan Aplikasi ke Lembar Berbagi

Jika Anda sering menggunakan aplikasi tertentu untuk berbagi gambar dan file, Anda bisa menyematkan aplikasi itu di bagian atas lembar berbagi di Android 11, yang membuat alur kerja Anda lebih mudah dan lebih pendek. Kemampuan ini hadir dalam versi Android sebelumnya beberapa tahun yang lalu tetapi kemudian dihapus. Sekarang, ia kembali dengan Android 11.

12. Menu Reorganisasi Jangan Ganggu

Menu Jangan Ganggu telah diatur ulang untuk pengalaman yang mudah digunakan. Ada jadwal, durasi default, fitur pemberitahuan pembatasan, dan bagian pengecualian. Bagian pengecualian selanjutnya mengklasifikasikan notifikasi menjadi alarm, aplikasi, dan orang.

13. Perekaman Layar

Meskipun fitur perekaman layar hadir di beberapa pengembang Android 10 tahun lalu, itu tidak sampai ke rilis publik. Dengan Android 11, akan ada perekam layar asli yang terpasang di dalam OS. Sementara berbagai merek memiliki implementasi sendiri dari perekam layar, sudah pasti lebih baik untuk memilikinya dirancang oleh Google dan dibangun ke dalam Android. Fitur baru ini juga dilengkapi dengan opsi untuk membisukan pemberitahuan saat layar sedang direkam.

14. Kontrol Smart Home & Wallet Di Power Menu

Tombol daya akan lebih membantu dengan Android 11. Dengan peluncuran sistem operasi seluler Google yang akan datang, pengguna dapat dengan cepat melirik dan mengakses kredit, debit, loyalitas, kartu keanggotaan, tiket perjalanan, dan banyak lagi dengan menekan lama menu daya. Pengguna tidak perlu meninggalkan aplikasi saat ini. Google juga berupaya membiarkan aplikasi dompet pihak ketiga mengakses fitur ini.

Menu daya juga dapat diubah menjadi area di mana Anda dapat menemukan kontrol untuk semua rumah pintar dan produk rumah yang terhubung. Kami tidak yakin apa yang akan dipilih Google pada akhirnya untuk ditampilkan di menu daya.

15. Splitting Notifikasi & Toggles Pengaturan Cepat

Fitur eksperimental namun menarik dari Android 11 adalah pengaturan tersembunyi yang memungkinkan pemberitahuan agar tidak terpecah dari pengaturan cepat. Menggeser ke bawah dari bagian kiri atas layar menunjukkan notifikasi dan menggesek ke bawah dari bagian kanan atas layar menunjukkan pengalih pengaturan cepat. Inilah cara iOS menangani notifikasi dan pusat kendali. Fitur ini mungkin tidak mencapai versi final Android 11.

16. Izin Aplikasi Sementara

Privasi pengguna telah menjadi area fokus untuk Android selama beberapa tahun terakhir, dan Google telah meningkatkan permainannya dalam hal privasi pengguna dan perlindungan data. Dengan Android 10, Google memperkenalkan opsi untuk menolak informasi lokasi latar belakang dan membatasi akses ke ID perangkat. Dengan Android 11, ia menawarkan izin sementara.

Pengguna dapat menawarkan akses sementara ke kamera, lokasi, mikrofon, dan akses akan dihapus ketika aplikasi ditutup. Ini bagus untuk memberikan izin ke aplikasi seperti Truecaller yang meminta izin membaca SMS untuk hal-hal seperti kata sandi satu kali, tetapi akses tersebut tidak diperlukan setelah aplikasi telah disiapkan. Anda juga dapat memblokir aplikasi agar berulang kali meminta izin bahkan setelah Anda menolaknya.

Untuk aplikasi seperti manajer file, Google akan membuat pengecualian untuk menawarkan mereka akses file seluruh sistem. Namun, pengembang aplikasi tersebut harus mendapatkan aplikasi mereka disertifikasi oleh Google sebelum membuatnya ke Play Store. Aplikasi lain yang memerlukan izin sistem file untuk menyimpan file akan mendapatkan akses ke penyimpanan scoped, semacam lingkungan kotak pasir yang meningkatkan keamanan.

Akhir Kata

Jadi, ini adalah beberapa fitur paling penting yang Google coba bawa ke smartphone dan tablet dengan Android 11. Perusahaan telah merilis beta pengembang pertama dari OS, dan akan merilis tiga preview pengembang dan tiga beta publik secara total sebelum meluncurkan versi final. Fitur Android 11 apa yang Anda sukai? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah. Baca juga: Cara Menghapus Akun Tantan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel