Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ganti Background Google Meet dengan Mudah

Cara Ganti Background Google Meet -- Jika Anda menggunakan aplikasi Zoom maka pada waktu kegiatan live maka Anda punya kesempatan untuk ganti virtual background. Hanya saja ini berbeda dengan aplikasi Zoom. Google Meet tidak menyediakan opsi untuk ganti background baik Google Meet pada aplikasi Android ataupun Google Meet yang dibuka dengan laptop. Sehingga ini akan sedikit sulit jika Anda ingin tahu cara mengganti background Google Meet Anda. Baca Juga: Cara Mengirim Video di Google Classroom.

Cara Ganti Background Google Meet

Apakah memang tidak ada cara mengganti background di Google Meet? Tentu jawabannya ada caranya. Namun ini bukan merupakan bawaan dari Google Meet itu sendiri melainkan Anda harus mengggunakan aplikasi pihak ketiga agar bisa ganti background di Google Meet.

Nah lebih jelas mengenai langkah demi langkah terkait dengan cara ganti background di Google Meet bisa Anda ikuti sesuai dengan petunjuk yang kami berikan berikut ini. Semoga saja ini bisa membantu Anda yang penasaran menganai ganti virtual background di Google Meet.

Cara Ganti Background di Google Meet dengan Snap Camera

Ternyata aplikasi pihak ketiga untuk ganti background di Google Meet adalah Snap Camera. Anda bisa mendownload dan memasangnya terlebih dahulu di laptop / PC terlebih dahulu. Ingat, Anda bisa download Snap Camera lewat link kami. Kemudian Anda tinggal unduh dan pasang saja di laptop Anda. Kebetulan kalau untuk hp masih belum support jadi Anda harus pakai laptop terlebih dahulu agar bisa ganti background di Google Meet.

Setelah aplikasi Snap Camera sudah Anda pasang di laptop maka prosedur berikutnya akan jauh lebih mudah. Hanya saja Anda harus ingat bahwa Anda harus mematikan aplikasi lain yang berjalan yang membutuhkan akses pada kamera misalnya Zoom, Skype, Ms. Teams dan lain sebagainya. Hal ini karena kalau aplikasi lain berjalan dengan menggunakan akses kamera maka aplikasi Snap Camera tidak akan bisa membuka kamera. Baca Juga: Cara Share Screen di Zoom.

Jika Anda sudah memastikan semua sudah betul maka Anda bisa melangkah lebih jauh terkait dengan cara mengganti background di Google Meet. Adapun prosedurnya bisa Anda cek di bawah ini. Semoga saja ini bisa berguna untuk Anda semua. Jangan lupa dicoba.

Cara Mengganti Background Google Meet Mudah

Ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk ganti background Google Meet Anda. Yang jelas Anda harus setting dulu aplikasi Snap Camera Anda kemudian baru setting Google Meet Anda. Kita mulai dengan setting yang ada di Snap Camera terlebih dahulu.

Langkah 1: Setting Snap Camera

Anda bisa memulai dengan membuka Snap Camera. Pada halaman Snap Camera, Anda dapat memilih background / menambah lens trick. Anda bisa cek satu satu agar tahu bedanya. Pada laman beranda, Anda bisa melihat banyak pilihan lensa dan background. Anda bisa memanfaatkan bagian penelusuran untuk mencari yang lebih spesifik. Caranya Anda tinggal ketik saja seperti beach, city, sky, office, dan atau building untuk mencari background atau lensa yang sesuai yang bisa Anda terapkan pada Google Meet Anda.

Anda dapat memilih lensa atau background Snap Camera Anda dengan tanda bintang di bagian atas pada masing-masing pilihan yang ada. Ini akan menjadikan pilihan Anda menjadi pilihan favorit sehingga jika dibuka sewaktu-waktu Anda tidak akan repot sama sekali.

Disisi lain, Anda harus menghafalkan 3 pilihan utama Anda sebelum membuka Google Meet. Terkait dengan  tiga pilihan tersebut Anda dapat memilihnya di task bar Snap camera pojok kanan bawah pada waktu menggunakan Google Meet.

Langkah 2: Setting Google Meet

Setelah prosedur menata persiapan ganti background di Google Meet pada aplikasi Snap Camera maka selanjutnya Anda bisa mulai menata pada aplikasi Google Meet Anda sendiri. Yang harus Anda lakukan adalah.
  • Anda harus buka laman resmi Google Meet dari Web Browser.
  • Jangan lupa Anda sudah sign in ke dalamnya.
  • Kemudian Anda ketuk bagian Settings.
  • Ketuk Video.
  • Lalu pilih saja Snap Camera.
  • Anda bisa menutup jendela Settings dengan ketuk Done.
  • Anda selanjutnya bisa memulai untuk New Meeting.
  • Kalau Anda mau join meeting sebagai peserta maka Anda harus punya kode meeting dari penyelenggara.
Disisi lain, jika Anda mau mengganti background Google Meet dengan cepat maka Anda bisa klik Tray di Task Bar pojok kanan bawah > klik kanan ikon Snap camera. Dibawah Quick lens activation, Anda akan melihat tiga background terakhir yang digunakan. Silahkan dipilih saja jika cocok.

Akhir Kata

Sekian dulu penjelasan kami mengenai cara ganti background di Google Meet. Anda perlu tahu bahwa untuk mematikan Snap Camera ketika meeting sudah berakhir tidak bisa dilakukan jika hanya menutup meeting Anda saja melainkan Anda juga harus klik kembali tray di taskbar > klik kanan ikon Snap camera > klik Quit. Baca Juga: Cara Menggunakan Jitsi Meet.