Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Share Screen di Zoom Mudah

Cara Share Screen di Zoom -- Zoom mengijinkan share screen di dekstop, tablet dan hp Android yang menjalankan Zoom. Jadi antara host dan peserta meeting bisa saling share screen dengan mengetuk ikon share screen yang ada di layar. Host Zoom meeting tidak perlu memberikan akses share screen untuk peserta lain untuk membagikan layar mereka. Disisi lain, host Zoom meeting dapat mencegah peserta meeting untuk mengakses share screen. Lantas apakah anda ingin tahu cara share screen di Zoom? Baca juga: Cara Mengundang Teman di Zoom.

Cara Share Screen di Zoom

Jika Anda berminat untuk mempelajari cara share screen di Zoom maka ikuti panduan kami di bawah ini. Kami akan jelaskan cara share screen di Zoom untuk Zoom for PC dan Zoom untuk hp Android. Jadi simak kedua panduan kami semoga Anda berhasil. Ketika Anda bisa share screen di Zoom maka Anda juga akan bisa tahu cara menampilkan PPT di Zoom. Mau tahu lebih? Silahkan simak penjelasan kami.

Cara Share Screen di Zoom

Cara share screen di Zoom pada dasarnya sama saja baik di Windows, Mac, Linux, Android dan iOS. Namun khusus kali ini cara share screen di Zoom ini kami fokuskan pada mayoritas pengguna yang ada di Indonesia yaitu Windows dan Android. Oleh sebab itu, cara share screen di Zoom ini semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Adapun syarat untuk share screen di Zoom ini Anda butuh aplikasi zoom yang sudah terinstall di PC dan atau yang ada di hp Anda. Karena cara share screen di zoom ini akan berkaitan dengan device ini. Baca juga: Cara Menjadi Host Zoom Meeting.

Cara Share Screen di Zoom pada Windows

Silahkan anda pastikan bahwa Anda sudah menjalankan aplikasi Zoom di Windows Anda.
  • Klik tombol Share Screen yang terletak di kontrol meeting Anda.
  • Pilih layar yang ingin Anda bagikan. Anda juga dapat memilih aplikasi individual yang sudah terbuka di komputer Anda, desktop, papan putih, atau iPhone / iPad.
(Opsional) Aktifkan fitur-fitur ini:
  • Periksa Share Computer Sound: Jika Anda memeriksa opsi ini, suara apa pun yang diputar oleh komputer Anda akan dibagikan dalam rapat.
  • Periksa Optimize for full screen video clip: Periksa ini jika Anda akan berbagi klip video dalam mode layar penuh. Jangan periksa ini, karena dapat menyebabkan share screen menjadi buram.
  • Klik Share.
  • Zoom akan secara otomatis beralih ke layar penuh untuk mengoptimalkan tampilan share screen. Untuk keluar dari layar penuh, klik Exit Full Screen di sudut kanan atas atau tekan tombol Esc.
  • Untuk menonaktifkan layar penuh otomatis saat melihat Share Screen, nonaktifkan opsi ini dalam pengaturan klien desktop Anda: Masuk ke layar penuh secara otomatis ketika peserta share screen.
Saat Anda mulai membagikan layar Anda, kontrol meeting akan berpindah ke menu yang dapat Anda seret di sekitar layar Anda.

Cara Share Screen di Zoom Pada Hp Android

Di hp Android, Anda juga bisa mulai share screen yang ada di layar hp Anda ke Zoom dengan mudah. Namun ada beberapa catatan yang harus Anda tahu ketika Anda share screen di Zoom pada hp Android yaitu (1) beberapa opsi ini dapat dinonaktifkan di pengaturan akun Anda, di bawah Integrasi. (2) Audio perangkat tidak akan dibagikan. Misalnya, jika Anda memutar video di perangkat Anda dan membagikan layar Anda, audio video tidak akan dibagikan dan (3) share screen membutuhkan Android 5.0 atau lebih tinggi.
  • Pastikan aplikasi Zoom sudah dibuka dari Android anda.
  • Klik Share di layar control anda.
  • Pilih jenis share screen yang anda mau.
  • Anda bisa memilih share foto, documents, Box, Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDrive, atau Microsoft OneDrive for Business, website url, bookmarks dan whiteboard.
Lebih mudahnya Anda bisa share screen layar hp Android saja. Jadi pas Anda buka sesuatu misalnya PPT di layar Android Anda maka layar hp akan diproyeksikan ke Zoom Anda juga.
  • Klik Share.
  • Pilih Screen.
  • Klik Start Now.
  • Share Screen akan mulai dan Zoom akan terus berjalan di latar belakang. Anda sekarang dapat memilih aplikasi yang ingin Anda bagikan.
  • Di bagian bawah layar Anda, ketuk Anotasi untuk membuka alat anotasi atau ketuk Stop Bagikan untuk berhenti berbagi dan kembali ke meeting control.
Jadi kira kira begitu cara share screen di zoom pada Android.

Akhir Kata

Cara Share Screen di Zoom gampang sekali. Anda bisa pilih salah satu device yang Anda mau. Pilih yang termuda saja misalnya PC atau Android. Begitu tutorialnya jika ada pertanyaan silahkan komen. Baca juga: Cara Merekam Zoom Meeting.