Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar, Ini Jawabannya

Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar -- Sebagian peserta pelatihan Prakerja pasti akan terus bertanya-tanya apakah ada pelatihan prakerja tanpa Webinar. Oleh sebab itu, kita akan coba kulik bersama terkait dengan masalah tersebut. Disini awalnya kita tengok pada video di YouTube milik salah satu peserta pelatihan Prakerja ternyata ada pelatihan di Prakerja yang tanpa webinar namun akan kita klarifikasi disini. Baca Juga: Cara Membatalkan Pelatihan Prakerja.

Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar

Tadinya, jenis pelatihan yang tanpa webinar jumlahnya sangat sedikit. Dalam video tersebut disarankan kepada semua peserta pelatihan Prakerja agar mencari platform mitra pemberi kursus yang berdiri sendiri yang intinya ada pelatihan prakerja tanpa webinar.

Lebih detail mengenai pelatihan prakerja tanpa webinar sebagai klarifikasi penjelasan kami maka kami jelaskan di bawah ini. Semoga saja apa yang kita bahas disini bisa berguna untuk Anda semua. Jangan lupa dibaca sampai tuntas agar paham dengan konten kami. Share pada teman lain dengan klik ikon berbagi pada akhir artikel ini biar semua orang tahu informasi ini.

Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar, Apa Memang Ada?

Sebenarnya jika mengutip pada Permenko No 11 Tahun 2020 memang pemerintah telah melakukan proses penyesuaian administrasi terhadap mitra pelaksana pelatihan Prakerja. Jika mitra Prakerja tersebut memenuhi syarat maka bisa menjadi mitra Prakerja kemudian pelatihan yang ia tawarkan bisa dibeli oleh peserta pelatihan prakerja.  Salah satu syaratnya adalah mewajibkan untuk adanya Webinar.

Tapi anehnya ada beberapa YouTuber peserta Prakerja yang menyatakan ada lembaga pelatihan prakerja yang tanpa webinar dan Zoom Face. Jadi pelatihan hanya murni berupa video saja. Mitra Prakerja pertama yang menjalankan pelatihan prakerja tanpa webinar adalah Yec.co id. Kedua adalah Sekolahdesain.id. Lanjut, ada Arkademi. Ke empat adalah Tempo Institute yang menawarkan pelatihan menjadi jurnalistik. Tambahan ada Pintaria dan Kemnaker. Baca Juga: Member Sekolahdesain Net Verifikasi, Ini Cara Daftarnya.

Sayangnya, setelah 22 Agustus 2020 kemarin ternyata semua mitra pelatihan Prakerja tersebut sudah melakukan upgrade sistem. Sehingga sekarang memang tidak ada lembaga yang memberlakukan pelatihan Prakerja tanpa webinar. Jadi peserta Prakerja harus lebih sabar dalam mengikuti webinar tersebut.

Webinar Prakerja Akhirnya Diwajibkan Untuk Semua Mitra Pelatihan

Saat ini, semua mitra pelatihan prakerja sudah disyaratkan untuk melakukan webinar. Webinar prakerja yang digunakan adalah menggunakan aplikasi Zoom. Oleh sebab itu, Anda sebagai peserta prakerja yang lolos harus segera memasang aplikasi Zoom untuk mengikuti sesi webinar.

Hal ini karena jika Anda belum pasang aplikasi Zoom maka Anda tidak bisa mengikuti webinar Prakerja. Nantinya dengan zoom tersebut maka Anda tinggal masuk dengan kode webinar atau dengan undangan host Zoomnya.

Enaknya, Anda bisa memilih kapan mau mengikuti sesi webinar. Jadi bukan penyelenggara yang menawarkan diri namun Anda yang memilih tanggal dan waktunya. Kira kira lamanya webinar prakerja ini maksimal 2 jam saja.

Akhir Kata

Mohon maaf yang sebesar-besarnya memang itulah kenyataannya. Saat ini sudah tidak ada mitra prakerja yang menyediakan pelatihan tanpa webinar. Jadi Anda harus mau tidak mau ikut webinar Prakerja. Baca Juga: Pelatihan Prakerja Mudah Dan Cepat Selesai.