Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Daftar JPS Prakerja?

Cara Daftar JPS Prakerja -- Kabar terbaru mengatakan bahwa hasil pendaftaran Prakerja gelombang 10 sudah keluar. Sehingga, informasi tersebut juga memberikan isyarat bahwa Prakerja sudah tidak akan ada lagi alias sudah berakhir untuk tahun 2020. Bagi Anda yang masih belum sempat daftar Prakerja maka jangan khawatir karena sekarang ada pengganti Prakerja yang siap Anda ikuti juga namanya Jaring Pengaman Sosial (JPS). Nah bagi yang ingin tahu cara mendaftar JPS Prakerja ini maka bisa ikuti ulasan kami. Baca Juga: Cara Menghapus Akun Prakerja.

Cara Daftar JPS Prakerja

Oleh sebab itu, baik yang gagal daftar Prakerja sebelumnya atau yang belum daftar maka bisa segera daftar JPS dari Kemnaker ini. Hal ini karena sudah bukan barang asing lagi jika dimasa pandemi ini banyak sekali pekerja yang terkena PHK dan sulit dapat pekerjaan makanya kemungkinan besar bahwa JPS Prakerja ini bisa jadi solusinya.

Berikut kita kupas tentang program JPS Kemnaker yang sudah rilis 4 Oktober 2020 kemarin. Semoga saja bisa memberikan sedikit gambaran apa saya syarat daftar Jaring Pengaman Sosial (JPS). Jadi langsung saja simak di bawah ini.

Cara Daftar Jaring Pengaman Sosial Seperti Apa, Ini Syaratnya

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) baru saja meluncurkan program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS). Hal ini merupakan salah satu langkah strategis penanganan dampak pandemi Covid-19. Mengingat saat ini sudah banyak sekali karyawan yang terkena PHK dan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

JPS atau Jaring Pengaman Sosial merupakan langkah yang tepat diambil oleh Kemnaker untuk memberikan pengganti Prakerja yang saat ini sudah selesai pada Gelombang 10 kemarin. Sehingga nantinya kedepan setidaknya para pemburu bantuan dari pemerintah mendapatkan udara segar dari JPS ini. Baca Juga: Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair, Insentif Prakerja Dijadwalkan.

Hanya saja sampai detik ini masih banyak belum ada yang paham bagaimana cara mendaftar JPS tersebut. Tenang saja, kemungkinan dalam waktu dekat Kemnaker akan memberikan penjelasannya. Untuk itu, silahkan cek syaratnya terlebih dahulu di bawah ini.

Syarat Daftar JPS Prakerja

Adapun syarat mendaftar JPS Prakerja seperti berikut.


Program Tenaga Kerja Mandiri

Program ini difungsikan sebagai penciptaan wirausaha dan padat karya yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat agar terhindar atau mengurangi dampak pandemi Covid-19. Disamping itu, program ini juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat lewat kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan.

Program Padat Karya

Kalau yang ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang menyasar para pengangguran dan setengah pengangguran lewat kegiatan pembangunan fasilitas umum dan sarana produktivitas masyarakat dengan melibatkan banyak tenaga kerja.

Program padat karya adalah stimulus untuk masyarakat pelaku industri kecil agar bisa meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitar mereka, agar dapat diolah menjadi produk yang mempunyai nilai jual di pasar domestik.

Akhir Kata

Kami rasa sekian dulu ulasan kami mengenai bagaimana cara daftar JPS Prakerja. Semoga saja apa yang kita jelaskan di atas berguna untuk Anda Semua. Baca Juga: Cara Membatalkan Pelatihan Prakerja.