Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WiFi Indihome Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet, Ini Solusinya

WiFi Indihome Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet -- Anda tentu pasti pernah mengalami kejadian dimana laptop Anda sudah terhubung ke jaringan wifi Indihome namun ketika mau dipakai untuk browsing data ternyata tidak bisa tersambung ke internet. Masalah error semacam ini memang kerap terjadi. Alasannya sangat beragam, mulai dari wifi Indihome yang masih dalam keadaan disabled, gagal routing ke gateway, atau bisa jadi karena adanya infeksi malware. Baca Juga: Cara Menghapus History di WiFi Indihome.

WiFi Indihome Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet

Oleh sebab itu, kali ini Area Tekno akan sedikit berbagi kepada anda semua mengenai cara mengatasi WiFi Indihome tersambung tapi tidak bisa internet. Anda jangan khawatir karena kami akan jelaskan dalam penjelasan yang singkat. Sehingga tugas Anda disini terus membaca saja artikel dari kami berikut pasti Anda akan menemukan solusi yang paling tepat.

Tanpa basa basi lagi yuk kita coba cari tahu kenapa WiFi Indihome tersambung tapi tidak bisa internet sebagai berikut ini. Kami harap Anda menikmati kegiatan membaca Anda sambil ngopi atau rebahan maka solusinya akan bisa Anda temui dalam artikel kami.

WiFi Indihome Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet, Begini Cara Mengatasinya

Jika kami lihat lihat memang setidaknya ada beberapa masalah yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Oleh karena itu, Anda harus mengecek masalah mana yang sudah mengakibatkan WiFi tersambung tapi tidak bisa internet. Dengan mengetahui hal ini, setidaknya kartu truf sudah Anda pegang. Hanya saja sebagai pengguna memang Anda harus detail jika mau mengecek setiap detail kesalahan WiFi.

Terlebih lagi jika Anda belum pernah mengotak-atik router WiFi Indihome. jelas ini akan menjadi sangat sulit. Sehingga, harapan kami adalah meski Anda bukanlah seorang teknisi setidaknya setelah membaca artikel kami ini maka Anda bisa mencari solusinya sendiri ketika WiFi Indihome Anda sudah terhubung namun tidak bisa internet.

Langsung saja disimak, berikut cara mengatasi WiFi Indihome terhubung tapi tidak bisa internet. Semoga saja bisa membantu dan mengurangi beban masalah Anda selama menggunakan WiFi Indihome. Jelas ini akan butuh waktu namun setidaknya Anda mau meluangkan waktu untuk membaca.

Cara Mengatasi WiFi Indihome Tersambung Namun Tidak Bisa Internet

Untuk mengatasinya, kami ada beberapa tips untuk hal tersebut. Anda bisa menggunakannya. Anda juga boleh tidak menggunakannya. Jika memang ini berguna, semoga saja bisa Anda terapkan ke router WiFi Indihome Anda.

Restart Router atau Modem Indihome Anda

Cara mengatasi wifi Indihome terhubung tapi tidak bisa internet yang paling banyak digunakan adalah restart router. Silahkan Anda matikan router dan modem langsung dari saklar utamanya. Tunggu kira-kira 30 detik untuk menyalakannya kembali. Setelah Anda menyalakannya kembali, silahkan Anda tunggu sampai lampu DSL stabil, biasanya sih warna hijau.

Disisi lain, Anda juga bisa reboot router melalui browser. Anda bisa ketik dari browser 192.168.0.1/192.168.1.1 pada tab browser-mu kemudian enter. Silahkan masukkan username “Admin” dan password “Admin” pada laman login jika Anda belum memiliki sendiri. Selanjutnya, Anda pilih System Tools > Reboot option menggunakan menu sebelah kiri dan terakhir ketuk Reboot. Silahkan tunggu sampai proses reboot tersebut sampai selesai.

Ubah Mode WiFi Indihome Anda

Apabila restart dan reboot router tidak berhasil membuat jaringan internet Indihome Anda kembali stabil, maka silahkan coba untuk mengubah modenya. Anda bisa ketik 192.162.0.1 di browser web kemudian login menggunakan password dan username yang sudah diatur. Jika Anda masih belum punya, silahkan Anda gunakan “Admin” pada keduanya.

Silahkan Anda cari menu Wireless > Wireless Settings > ubah mode menjadi 11bgn mixed > ketuk Save. Jika sudah ganti setelan mode wifi, silahkan Anda restart kembali router WiFi Indihome Anda untuk melihat hasilnya.

Update Driver Adaptor WiFi di Laptop Anda

Kadangkala, adaptor WiFi yang ada di laptop juga bisa menyebabkan WiFi Indihome terhubung tapi tidak bisa internet karena sudah usang. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda mau melakukan pembaruan terhadap driver adaptor WiFi Anda.

Untuk cara mengatasi WiFi sudah terhubung tapi tidak bisa internet khusus di PC adalah dengan cara klik kanan pada My Computer > Properties > adapter jaringan > klik kanan driver adaptor wifi dan ketuk Update Driver Software.

Silahkan Anda Ganti DNS dengan Google Public DNS

Masalah wifi Indihome yang terhubung tapi tidak bisa internet di PC dapat diatasi dengan mengganti DNS dengan DNS Google Public. Untuk caranya sendiri, silahkan Anda buka jaringan dan pusat berbagi, kemudian pilih Control Panel dan pilih Jaringan dan Internet. Selanjutnya, Anda bisa mencari pusat jaringan dan pusat berbagi.

Silahkan Anda ketuk nama WiFi yang terhubung untuk bisa mengetahui detailnya. Dari sini, pilih Properties untuk memilih TCP/IPV4 dan klik Properties. Silahkan Anda ketuk “gunakan alamat DNS berikut” pada bagian properti IPV4 dan ketik alamat Google. Di sini Anda bisa akhiri dengan pilih OK pada jendela yang terbuka. Anda juga harus melakukan hal yang sama untuk IPV6. Terakhir, Anda bisa menyalakan WiFi Anda kembali dan cek hasilnya seperti apa.

Aktifkan Air Plane Mode

WiFi Indihome yang sudah tersambung tapi tidak bisa akses internet dapat diatasi dengan cara mengaktifkan mode pesawat. Kemudian, Anda bisa mematikannya setelah beberapa saat. Anda bisa mencobanya baik dengan Hp atau dengan laptop. Ini sangat efektif di lakukan pada kedua perangkat tersebut.

Akhir Kata

Sekian dulu penjelasan kami mengenai WiFi Indihome Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet. Semoga saja informasi ini berguna untuk Anda semua. Jangan lupa untuk dicoba karena ini akan sangat mudah dilakukan. Baca Juga: Cara Menggunakan OME TV.