Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Bantuan 600 Ribu Dari BRI untuk BST Covid 19 Tahap 1

Cara Mendapatkan Bantuan 600 Ribu Dari BRI -- Apakah Anda ingin mengetahui cara mendapatkan bantuan 600 ribu dari pemerintah lewat bank BRI? Jika iya maka kami akan jelaskan kepada Anda. Hal ini mengingat sudah ramai sekali perbincangan sebuah screenshot layar hp yang menunjukkan BST 600 ribu ke rekening BRI dari salah satu warga terdampak Covid-19. Terkait dengan isian SMS tersebut kurang lebih seperti ini. Baca Juga: Cara Membuat Akun OVO Untuk Prakerja.

"Trx Rek. xx (nomor rekening) BST COVID 19 TAHAP 1 Rp. 600.000.00 29/04/20."

Dengan melihat SMS seperti itu, jelas kini membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI. Mengingat memang hari-hari ini, pemerintah era bapak Jokowi sedang menyalurkan BST atau Bantuan Saluran Tunai melalui bank BRI. Untuk siapa bantuan tersebut? Ya untuk setiap warga yang terverifikasi terdampak Covid-19 selama tiga bulan berturut-turut yaitu mulai bulan April, Mei dan Juni 2020.

Cara Mendapatkan Bantuan 600 Ribu Dari BRI

Jadi Apakah Anda benar benar ingin mengetahui cara mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI tersebut? Jika iya, Anda harus sudah tahu syaratnya. Kalau Anda tidak masuk kategori maka jangan iri dengan yang lainnya.

Cara Mendapatkan Bantuan 600 Ribu dari BRI

Bapak Jokowi sedang menyalurkan BST 600 ribu dari BRI kepada warga yang teverifikasi terdampak Covid 19 selama 3 bulan kedepan, terhitung sejak April s.d Juni 2020. BST 600 ribu dari BRI ini dikhususkan pada warga kurang mampu yang berada di luar wilayah Jabodetabek. Untuk mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI ini, ada beberapa syarat yang harus diketahui, yaitu:
  1. Warga miskin namun bukan penerima PKH.
  2. Tidak mendapatkan kartu sembako.
  3. Tidak mendapatkan kartu Pra Kerja.
Sehingga, warga masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI yakni warga penerima BLT yang didasarkan pada DTKS (Data Terpadu Kesehatan Sosial). Oleh sebab itu, ketentuan lebih rinci siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI ini disesuaikan dengan Ketentuan Menteri Desa PDTT. Baca Juga: Cara Membuat Rekening BNI untuk Prakerja.

Sebenarnya, dalam mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI ini ada 2 cara, yaitu secara tunai dan non tunai. Hal ini disesuaikan dengan kondisi desa yang menerima bantuan. Sehingga, jika sekarang ramai cara mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI maka kemungkinannya ini adalah BLT yang berbentuk non tunai.

Cara Mendapatkan Bantuan 600 Ribu dari BRI Bagi yang Tidak Punya NIK

Ada kemudahan dari pemerintah dalam mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI yakni meski Anda tidak punya NIK nyatanya Anda masih bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan bantuan 600 Ribu dari BRI. Anda harus mengisi data sesuai alamat tinggal yang lengkap.

Cara Mencairkan Bantuan 600 Ribu dari BRI

Anda bisa mencairkan bantuan 600 ribu dari BRI tanpa biaya dan bunga. Anda hanya harus menyerahkan foto kopi KTP kepada Kepala Desa. Selanjutnya biarkan bapak Kades yang menyerahkan berkas tersebut pada bank bank milik negara yang bermitra pada program ini misalnya BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Jika tidak punya rekening bank, pemerintah juga sudah bekerja sama dengan PT. POS Indonesia.

Akhir Kata

Jadi begitulah cara mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI untuk BST Covid 19 Tahap 1. Semoga saja ini berlanjut ke Tahap 2 dan 3. Itung-itung membantu warga miskin yang terdampak Covid 19 yang masih butuh banyak hal ketika bulan Ramadhan semacam ini. Baca Juga: Cara Membuat Akun GoPay untuk Prakerja.